Cara Membuat Tombol Back Alternatif di Hp Android Terbaru

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

Cara Membuat Tombol Back Alternatif di Hp Android Terbaru

Cara Membuat Tombol Back Alternatif di Hp Android - Sebagai pengguna android jika anda ingin menjadikan penggunaan ponsel android menjadi lebih praktis tentu saja bisa. Salah satunya adalah dengan membuat tombol back hanya dengan mengeser atau menekan layar android anda. Nah ini akan bermanfaat untuk pengguna Android yang menggunakan tablet karena biasanya Navigation bar Android berisi 3 tombol, dari yang paling kiri ada tombol Back, lalu di tengah ada tombol Home, dan ada tombol Recent Apps berada di paling kanan. Karena tombol-tombol ini berada di bagian bawah, maka jari kita tidak bisa menjangkaunya tanpa memindah posisi tangan.

Karena tombol Back yang paling sering digunakan dibanding yang lainnya, alangkah praktisnya kalo tombol itu bisa diakses dari samping tanpa harus melepas device. Pada pembahasan kali ini saya akan membuat tombol back menjadi lebih praktis dan bisa terjangkau oleh jangkauan jempol kita. Lalu bagaimana cara melakukannya? Nah untuk melakukannya anda harus Memasang Aplikasi yang bernama SwipeBack pada Hp Android anda.

Di dalam Aplikasi ini ada sebuah menu Swipe gesture yang berfungsi seperti tombol Back, untuk kembali ke tampilan sebelumnya kita tinggal swipe dari tepi layar kanan, kiri, atau bawah. Langsung saja simak Cara menambah navigasi Swipe Gesture pada android
Perhatian:
  1. Baik untuk Versi Android 4.1-4.3 ( Jellybean) 
  2. Sebelum mengikuti tutorial kali ini pastikan dulu bahwa Android anda dalam keadaan di-root. 
  3. Cara ini akan membuat hamburger menu yang biasanya tersembunyi di bagian kiri atau kanan layar jadi tidak berfungsi. Contohnya seperti aplikasi Gmail yang punya menu tersembunyi di bagian kiri layar.
Setelah anda yakin ingin memasang aplikasi ini berikut langkah-langkah memasang SwipeBack :
  • Pasang aplikasi SwipeBack (anda bisa dapatkan aplikasinya di Link ini).
  • Install aplikasi Xposed Modules Installer (bila anda belum memilikinya bisa anda unduh di Link ini).
  • Buka aplikasinya dan install Frameworknya lewat menu Framework, jangan lupa setelah itu lakukan reboot.
  • Setelah selesai reboot, buka lagi aplikasi Xposed, masuk ke menu Modules dan cari yang namanya “SwipeBack”
  • Slanjutnya centang modul "SwipeBack" tersebut, dan untuk mengaktifkannya. Reboot lagi Androidnya.
  • Setelah reboot selesai, buka App Draw dan buka SwipeBack. Aplikasi ini menyediakan pengaturan gesture secara keseluruhan dan per aplikasi.
  • Apabila anda ingin membuat tombol back sesuai dengan keinginan, anda bisa membuka Swipe Edge seperti gambar dibawah ini :
  • Setelah anda membuka Swipe Edge maka akan muncul pilihan seperti geser ke kanan, kiri dan bawah. dan pilihlah sesuai dengan keinginkan anda.
Bagaimana kawan? dengan cara ini tentu akan membuat fungsi ponsel android anda menjadi lebih praktis, selamat mencoba ya! Mungkin sekian dulu pembahasan atrikel kali ini tentang Cara pengganti Tombol Back Android dengan SwipeBack. Semoga bermanfaat dan jangan lupa terus berkunjung di blog ini untuk mendapatkan update informasi seputar tutorial android, dll.

0 komentar:

Post a Comment