Interaksi Sosial-Pengertian, Ciri, Contoh, Bentuk, Syarat dan Faktor

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

Interaksi Sosial-Pengertian, Ciri, Contoh, Bentuk, Syarat dan Faktor

Interaksi Sosial-Pengertian, Ciri, Contoh, Bentuk, Syarat dan Faktor-  Umumnya, Memahami Interaksi Sosial adalah hubungan timbal balik antara dua atau lebih orang yang berkontribusi saling mempengaruhi antara individu dan individu, antara individu dan kelompok, dan antara kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial adalah proses dimana setiap orang berkomunikasi dan berkomunikasi serta saling mempengaruhi dalam pikiran dengan tindakan.

Interaksi sosial sebagai landasan dengan tindakan berdasarkan norma dan nilai sosial yang ada yang berlaku dan berlaku di masyarakat. Melanjutkan interaksi sosial dengan baik jika aturan dan nilai dilakukan dengan baik. Jika tidak ada kesadaran masing-masing, maka proses sosial tidak akan berjalan dengan yang diharapkan.

Artikel terkait:
Memahami Interaksi Sosial dan Tujuan Interaksi Sosial
Memahami Interaksi dan Contoh Sosial
Memahami Interaksi Langsung dan Contohnya
Pengertian: Apa itu Interaksi Tidak Langsung? ..

Memahami Interaksi Sosial Menurut Pakar

  • Gilin: Gagasan interaksi sosial menurut Gillin bahwa interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis mengenai hubungan antara individu dan kelompok atau antar kelompok.
  • Macionis: Menurut Macionis, pengertian tentang interaksi sosial adalah proses akting dan pembalasan tindakan yang dilakukan seseorang terhadap orang lain.
  • Soerjono Soekanto: Memahami interaksi sosial menurut Soerjono Soekanto bahwa interaksi sosial adalah proses sosial yang menghubungkan cara-cara yang dapat dilihat jika individu dan kelompok sosial saling bertemu dan menentukan sistem dan hubungan sosial.
  • Broom dan Selznic: Menurut Broom dan Selznic, pengertian interaksi sosial adalah proses tindakan berdasarkan kesadaran orang lain dan proses menyesuaikan tanggapan sesuai tindakan orang lain.
  • Kimball Young dan Raymond W. Mack: Gagasan interaksi sosial oleh Kimball Young dan Raymond W. Mack adalah hubungan sosial yang dinamis yang melibatkan hubungan antarpribadi, antara individu dan kelompok dan antara kelompok dan kelompok.
  • Homans: Menurut Homans, pengertian tentang interaksi sosial adalah kejadian ketika aktivitas yang dilakukan oleh seseorang terhadap individu dihargai atau dihukum dengan penggunaan tindakan oleh pasangannya.

Bentuk Interaksi Sosial
Bentuk interaksi sosial terbagi menjadi dua kelompok, yaitu bentuk interaksi sosial asosiatif, dan bentuk interaksi sosial disosiatif yaitu sebagai berikut ...

Artikel terkait:
Bentuk Interaksi Sosial
Bentuk Asosiatif Interaksi Sosial dan Disosiasi

Bentuk Interaksi Sosial asosiatif
  • Kerjasama, merupakan upaya bersama antara individu atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama.
  • Akomodasi (Akomodasi), adalah proses penyesuaian sosial dalam interaksi antara individu dan kelompok untuk mengurangi ketidaksepakatan.
  • Asimilasi adalah proses menuju fusi budaya sehingga masing-masing pihak bisa merasakan budaya tunggal sebagai milik bersama.
  • Akulturasi (akulturasi), adalah proses yang timbul dari budaya untuk menerima unsur-unsur budaya asing tanpa menyebabkan kepribadian kulturalnya sendiri hilang.
Artikel terkait:
Memahami Asosiatif Interaksi Sosial
Memahami dan Bentuk Kerjasama
Pengertian, Tujuan dan Bentuk Akomodasi
Memahami Asimilasi: Apa itu Asimilasi?
Faktor Penggerak dan Penghalang Asimilasi

Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial Disosiatif
  • Persaingan (Competition), merupakan perjuangan berbagai pihak yang berkompetisi untuk mencapai tujuan bersama.
  • Contraversy, adalah bentuk proses sosial yang menunjukkan ketidaksenangan atau ketidakpuasan dengan pihak lain baik secara rahasia maupun terang-terangan.
  • Ketidaksepakatan / Konflik Sosial, adalah proses sosial antara individu atau kelompok masyarakat tertentu karena adanya perbedaan mendasar dan kepentingan yang mengarah pada semacam kesenjangan di antara keduanya.
Artikel Terkait: 
Pengertian Interaksi Sosial Disosiatif
Pengertian Persaingan (Competition) dan Contohnya 
Pengertian Kontraversi dan Penjelasannya
Pengertian Konflik Sosial, Penyebab, Macam-Macam, & Dampaknya 

Ciri-Ciri Interaksi Sosial 
Ciri-ciri interaksi sosial adalah sebagai berikut..
  • Jumlah pemeran lebih dari satu orang 
  • Terjadi komunikasi antara pelaku melaku kontak sosial 
  • Memiliki maksud atau tujuan yang jelas
  • Berdasarkan  pola suatu sistem sosial tertentu. 
Contoh-Contoh Interaksi Sosial 
1. Contoh Interaksi Sosial Indivdu dengan Individu 
  • Seorang kakak mengajari adeknya belajar matematika
  • Indah belajar bermain yang diajar oleh  satriawan 
  • Seorang dokter dengan pasiennya
  • Seorang siswa bertanya kepada gurunya 

2. Contoh Interaksi Sosial Individu dengan Kelompok 
  • Presiden dengan rakyatnya 
  • Guru dengan siswanya 
  • Komandan dengan anggotanya
  • Khotbah jumat dimesjid 
  • Gubernur Ahok dengan warga kampung pulo
3. Contoh Interaksi Sosial Kelompok dengan Kelompok
  • PMR dan Pramuka bekerja sama dalam pemberian bantuan 
  • Polisi dengan TNI saling bekerja sama memberantas preman 
  • Kelompok A dan Kelomok B saling berdebat atau mendiskusikan sesuatu
  • Osis dengan pramuka saling membantu dalam menyukseskan kegiatan tanam 10000 bibit
Syarat-Syarat Interaksi Sosial 
Menurut Soerjono Soekanto, bahwa interaksi sosial tidak mungkin terjadi tanpa dengan dua syarat antara lain sebagai berikut...
  • Kontak Sosial, adalah hubungan antara satu pihak dengan pihak lain dimana kontak sosial merupakan awal terjadinya interaksi sosial, dan saling bereaksi satu dengan yang lain meski tidak bersentuhan fisik.
  • Komunikasi, adalah adanya kegiatan yang saling menafsirkan perilaku yang meliputi pembicaraan, gerakan fisik,atau sikap dan perasaan-perasaan.
Artikel Terkait: 
Syarat-Syarat Interaksi Sosial 
Pengertian Kontak Sosial: Apa itu Kontak Sosial ?.. 
Pengertian Komunikasi: Apa itu Komunikasi ?..

Faktor Interaksi Sosial

Interaksi sosial yang sedang berlangsung didasarkan pada beberapa faktor termasuk berikut ini ...
A. Saran, adalah memberi pengaruh pandangan seseorang kepada orang lain dengan cara tertentu, sehingga orang tersebut mengikuti pandangan / pengaruh tanpa berpikir panjang. Contoh Sugesti adalah obat impor yang mahal tapi karena produk impor dan dianggap manjur dalam menyembuhkan penyakit. Pernyataan tersebut merupakan saran harga obat mahal dan embel-embel produk asing.

B.Imitasi, adalah tindakan atau usaha yang dilakukan untuk meniru tindakan orang lain. Imitasi biasanya dilakukan secara tidak sadar. Contoh imitasi adalah anak sering meniru kebiasaan orang tuanya seperti cara berbicara, berpakaian, dan makan. Namun imitasi dipengaruhi oleh lingkungan terutama lingkungan sekolah.

C. Identifikasi, apakah kecenderungan atau keinginan seseorang sama dengan orang lain. Hasil identifikasi adalah pengaruh saran dan imitasi yang lebih dalam karena identifikasi dilakukan secara sadar.

D. Simpati, adalah seseorang yang merasa tertarik pada orang lain. Simpati dapat disampaikan oleh seseorang atau sekelompok orang atau lembaga formal pada waktu khusus. Contoh simpati adalah saat terjadi bencana. Simpati biasanya menimbulkan perasaan sayang /

E. Motivasi, adalah dorongan yang diberikan kepada individu kepada individu lain. Tujuan motivasi adalah untuk orang yang termotivasi atau terdorong untuk taat dan bergairah.

Artikel Terkait: 
Faktor-Faktor Yang Mempengaruh Interaksi Sosial
Faktor-Faktor Terjadinya Interaksi Sosial 
Faktor-Faktor Mendasari Berlangsungnya Interaksi Sosial dan Contohnya
Baca Juga: 
Pengertian Perubahan Sosial, Teori, Bentuk, Dampak, & Faktor Pembentuknya
Pengertian Norma, Ciri-Ciri, Macam-Macam, & Contoh-Contohnya
Pengertian, Sifat dan Fungsi Pengendalian Sosial 
Pengertian, Ciri-Ciri dan Hakikat Sosiologi 

Demikian informasi tentang Social Interaction-Understanding, Forms, Characteristics, Example, Terms & Factors. Semoga teman-teman dapat menerima dan memberi keuntungan bagi kita semua apakah itu interaksi sosial, bentuk interaksi sosial, karakteristik interaksi sosial, contoh interaksi sosial, syarat interaksi sosial, dan faktor interaksi sosial. Itu semua dan terima kasih. Halo Teman Berbagi

0 komentar:

Post a Comment