Pengertian Seni, Definisi seni, Macam seni Dan Fungsi Menurut Para Ahli

Kumpulan Informasi beserta tips dan trick seputar Pendidikan, Software, Komputer, Android, Internet

Pengertian Seni, Definisi seni, Macam seni Dan Fungsi Menurut Para Ahli

Apa yang dimaksud dengan seni, Pengertian seni, Definisi seni , Apa itu seni Dan macam macam seni - Memahami Seni, Fungsi, Jenis Seni & Menurut Pakar | Secara Umum, Pengertian Seni adalah segala sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan dan mampu membangkitkan perasaan orang lain. Istilah seni berasal dari kata sanskrit dari kata sani yang berarti penyembahan, persembahan dan pelayanan yang dekat dengan upacara keagamaan yang disebut seni. Menurut Padmapusphita dimana seni berasal dari bahasa jin Belanda dalam bahasa Latin disebut jenius yang berarti kemampuan luar biasa yang dibawa sejak lahir. 

Sedangkan menurut Ilmu Pengetahuan Eropa bahwa seni berasal dari kata seni yang berarti secara artifisial yaitu media yang melakukan aktivitas tertentu. Dari sekian banyak arti seni, dan bertambahnya usia membuat banyak ahli mengemukakan pendapat mereka mengenai definisi seni. Pengertian seni menurut para ahli adalah sebagai berikut ...

Pengertian Seni, Definisi seni, Macam seni Dan Fungsi Menurut Para Ahli


Memahami Seni Menurut Pakar

Pengertian Seni Menurut para Ahli - Dari banyak arti seni, dan bertambahnya usia membuat banyak ahli mengemukakan pendapat tentang definisi seni. Pengertian seni menurut para ahli adalah sebagai berikut ...


  1. Aristoteles: Pengertian seni menurut aristoteles adalah bentuk yang pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah meniru alam.
  2. Sudarmaji: Menurut Sudarmaji, pengertian seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.
  3. Alexander Baum Garton: Pengertian seni menurut Alexander Baum Garton bahwa arti seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.
  4. Ki Hajar Dewantara: Pengertian seni menurut Ki Hajar Dewantara adalah hasil keindahan sehingga dapat menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnya, oleh karena itu perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dapat menimbulkan perasaan indah itu seni.
  5. Immanuel Kant: Pengertian seni menurut Immanuel Kant adalah sebuah impian karena rumus-rumus tidak dapat mengihtiarkan kenyataan. 
  6. Hilary Bel: Pengertian seni menurut Hilary Bel bahwa arti seni adalah istilah yang digunakan untuk semua karya yang dapat menggugah hati untuk mencari tahu siapa penciptanya.
  7. Leo Tolstoy: Pengertian seni menurut Leo Tolstoy adalah ungkapan perasaan pencipta yang disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pelukis. 
  8. James Murko: Pengertian seni menurut James Murko adalah penjelasan rasa indah yang terkandung dalam jiwa setiap manusia, dilahirkan dengan perantaraan alat komunikasi ke dalam bentuk yang dapat dianggap oleh indra pendengar (seni suara), penglihatan (seni lukis), atau dilahirkan dengan perantaraan gerak (seni tari, drama). 
  9.  Ira Adriati. M.Sn (Dosen Seni ITB): Pengertian seni menurut Ira Adriati adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggnaan medium itu, dan suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dengan ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu. 
  10. Eric Ariyanto: Pengertian seni menurut Eric Aryanto adalah kegiatan rohani atau aktivitas batin yang direfleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya. 
  11. Drs. Popo Iskandar: Pengertian seni menurut Popo Iskandar adalah hasil ungkapan emosi yang ingin disampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat/berkelompok.


Fungsi Seni

Art-Fungsi Fungsi dikelompokkan menjadi dua, yaitu fungsi individu dan fungsi sosial, antara lain, sebagai berikut ..
1. Fungsi Individu
Fungsi individu adalah fungsi seni yang berguna untuk kebutuhan individu individu itu sendiri. Ada dua macam fungsi seni untuk individu yaitu sebagai berikut ...
A. Fungsi pemenuhan kebutuhan fisik
Intinya manusia adalah makhluk homofaber yang memiliki kemampuan untuk menghargai keindahan dan penggunaan benda. Seni terapan memang mengacu pada kepuasan kebutuhan fisik sehingga aspek kenyamanan menjadi hal yang penting.

B. Fungsi pemenuhan kebutuhan emosional
Seseorang memiliki kualitas yang berbeda dengan manusia lain. Pengalaman hidup seseorang mempengaruhi sisi emosional atau perasaannya. Misalnya merasa sedih, lelah, lelah, bahagia, kasihan, kasihan, benci, cinta, dll. Manusia bisa merasakan semuanya karena di dalamnya terdapat dorongan emosi yang merupakan situasi psikologis setiap manusia normal. Untuk memenuhi kebutuhan emosional manusia membutuhkan dorongan eksterior yang menyenangkan, memuaskan kebutuhan batinnya. Misalnya, karena kegiatan dan aktivitas sehari-hari membuat mengalami kelelahan yang membutuhkan rekreasi, seperti menonton film dibioskop, hiburan teater, dan musik. Seseorang yang memiliki estetika lebih banyak maka ia memiliki kepuasan lebih. Sedangkan artis adalah orang yang mampu menghargai pengalaman dan perasaannya dalam sebuah karya seni yang ia ciptakan. Hal itu juga diyakini olehnya sebagai alat untuk memuaskan kebutuhan emosionalnya.

2. Fungsi Sosial
Fungsi sosial adalah fungsi seni yang berguna sebagai pemenuhan kebutuhan sosial seorang individu. Ada beberapa fungsi seni sebagai fungsi sosial, antara lain, sebagai berikut ...

A. Fungsi Keagamaan / Keagamaan
Karya seni sebagai pesan religius atau religius. Contohnya adalah kaligrafi, busana muslim // muslimah dan lagu-lagu spiritual. Seni digunakan untuk upacara pernikahan, kelahiran, dan kematian, dan lain-lain. Contoh gamelan yang digunakan untuk menumbangkan Ngaben di Bali (gamelan gambang, luwang, dan angklung).

B. Fungsi Pendidikan
Seni sebagai media pendidikan bisa dilihat pada musik, seperti ansambel karena dilakukan dengan cara kerja sama, seperti halnya dengan angklung dan gamelan yang memiliki nilai pendidikan karena seni ada nilai sosial, kerjasama dan kedisiplinan. Karya seni untuk pelajaran / pendidikan seperti ilustrasi buku teks, poster, alat peraga sains, dan film dokumenter / dokumenter.

C. Fungsi Komunikasi
Seni sebagai media komunikasi misalnya dalam kritik sosial, kebijakan, gagasan, hingga mengenalkan kepada masyarakat luas. Misalnya wayang kulit wayang orang dan seni teater atau poster, drama komedi dan papan iklan.

D. Fungsi Hiburan / Hiburan
Fungsi utama seni adalah hiburan atau rekreasi untuk melepaskan kejenuhan atau mengurangi kesedihan yang spesifik pada pertunjukan berekpresi atau hiburan.
E. Fungsi Artistik
Seni yang berfungsi sebagai media ekspresi artis dengan menghadirkan karyanya bukan untuk komersial, seperti musik kontemporer, tarian kontemporer, dan seni kontemporer. (Pertunjukan seni yang tidak bisa dinikmati oleh pendengar / pengunjung, hanya bisa dinikmati oleh seniman dan masyarakatnya).

F. Fungsi Penggunaan
Karya seni yang dibuat tanpa memperhatikan kegunaannya, kecuali sebagai media ekspresi (karya seni murni) atau bahkan dalam proses penciptaan mempertimbangkan aspek kegunaannya, seperti peralatan / peralatan yang berasal dari tembikar atau rotan.

G. Fungsi Kesehatan
Seni sebagai fungsi kesehatan, seperti perawatan fisik atuapun gangguan kesehatan dirangsang melalui terapi musik (disesuaikan dengan latar belakang pasien). Terbukti musik telah mampu menyembuhkan orang dengan autisme, gangguan psikologis dari suatu kejadian trauma. Pada tahun Siegel menyatakan bahwa musik klasik menghasilkan gelombang alfa yang bisa menyejukkan dengan menstimulasi sistem limbik neuron otak dan jaringan gamelan menurut Gregorian dapat mempertajam pikiran.

Macam-Macam Seni

Jenis Seni-Art memiliki 5 cabang antara lain sebagai berikut ...

A. Seni Rupa: Seni rupa adalah salah satu cabang seni dimana ia memiliki bentuk yang pasti dan memanfaatkan unsur-unsur yang tergolong dalam gambar, lukisan, pahatan, grafik, kerajinan tangan, kerajinan tangan, dan multimedia. Seni visual meliputi kemampuan untuk memahami, dan melukis karya, kemampuan untuk memahami dan membuat patung, kemampuan untuk memahami dan mengerjakan grafis, kemampuan untuk memahami dan membuat kerajinan tangan, serta kemampuan untuk memahami dan bekerja atau menciptakan sarana mulltimedia. Seni visual telah ada sejak awal era animisme dan dinamisme saat ini. Seni rupa secara visual menyajikan bentuk yang terlihat yang dianggap sinergis melalui media sebagai dasar perwujudan dari bentuknya.

B. Seni Teater: Seni teater pada dasarnya mencakup kemampuan untuk memahami dan mengerjakan teater, kemampuan untuk memahami dan membuat naskah, kemampuan untuk memahami peran di bidang kemampuan casting untuk memahami dan membuat setting atau stage stage engineering dan penciptaan Atmosfer sebagai alat tambahan dalam seni teater. Seni teater merupakan bagian dari integritas artistik media dalam bentuk suara. Metode atau teknik ini memprioritaskan pembuatan casting, carrying, diction, intonation, arrangement, larynx, dan pharynx secara konsisten merupakan bagian penting dalam perwujudan profesi yang harus dimiliki.

C. Seni Musik
Unsur suara adalah elemen kunci dari seni musik. Sedangkan unsur lainnya adalah bentuk harmoni, melodi, dan notasi musik yang merupakan bentuk sarana yang diajarkan. Kesenian musik telah berkembang dan berkembang sejak Renaisans sampai sekarang. Seni musik adalah hasil dari ciptaan manusia yang menghasilkan ritme dan harmoni yang indah bagi pendengarnya.

D. Seni Tari
Seni tari adalah hasil ciptaan manusia yang menggunakan gerak tubuh sebagai keindahan. Motion in dance berfungsi sebagai media untuk mengkomunikasikan maksud spesifik dari choreogragher. Keindahan tarian terletak pada kebahagiaan, kepuasan, baik itu dari koreografer, penampil dan penonton atau penonton. Seni tari meliputi tarian dan tarian tradisional.

E. Sastra Seni
Seni sastra adalah hasil dari kekuatan kreatif manusia yang dinikmati dalam hal visual dan dari makna yang dimilikinya. Seni sastra menggambarkan keindahan dalam bentuk kata-kata, baik tertulis maupun disuarakan. Contoh seni sastra adalah puisi, tulisan, dan kaligrafi.

Demikian informasi tentang Pengertian Seni, Fungsi, Jenis Seni & Menurut Pakar. Semoga teman bisa menerima dan menguntungkan kita semua apakah itu pemahaman seni, fungsi seni, berbagai seni, dan pemahaman seni menurut para ahli. Itu semua dan terima kasih. Halo Teman Berbagi

TAG
pengertian seni
apa itu seni
definisi seni
apa yang dimaksud dengan seni
macam macam seni
pengertian seni teater
pengertian seni tari

0 komentar:

Post a Comment